Monday, June 04, 2012

Taman Rahasia ‘Secret Garden’ - Frances Hodgson Burnett



Mary Lennox adalah gadis kecil dari India yang bertubuh kurus kecil, rambut tipis, raut wajah yang masam, dan berkulit sangat kuning. Mary merasa tidak ada orang yang peduli padanya, sekalipun orang tuanya. Karena itu ia bertingkah menyebalkan. Saat ia berusia 9 tahun, wabah penyakit kolera menyerang orang-orang yang tinggal di rumahnya, pengasuhnya meninggal dan orang tuanya meninggal beberapa hari berikutnya. Mary si ‘anak yang terlupakan’ dipindahkan ke rumah pamannya Mr. Craven yang tinggal di Misselthwaite Manor, Yorkshire.

Misselthwaite Manor adalah tempat yang sangat megah tapi muram. Rumah itu berumur enam ratus tahun dan terletak di ujung stepa, dan ada sekitar seratus kamar didalamnya, walaupun sebagian besar tertutup dan terkunci. Rumah itu menyimpan lukisan-lukisan, perabotan antik yang indah dan benda-benda yang sudah bertahun-tahun ada di sana dan dikelilingi taman luas serta kebun-kebun dan pepohonan yang sebagian dahanya menjuntai sampai ke tanah.

Selama berada di Misselthwaite Manor, Mary lennox banyak mendengar cerita tentang taman rahasia. Taman yang dibentengi dengan dinding-dinding yang tinggi dan sulur pohon disekelilingnya yang membuat pintu masuk taman ini tidak terlihat karena tertutup sulur-sulur pohon. Taman ini tidak pernah dibuka selama sepuluh tahun. Mr. Craven mengunci taman itu dan kuncinya dikubur. Dan saat itu tidak ada yang boleh menceritakan taman itu lagi.

Mary yang penasaran tentang taman rahasia itu dan apa yang ada didalamnya setelah tidak dibuka selama sepuluh tahun, mencoba mencari tahu keberadaan kunci dan pintu masuk taman rahasia. Di hari yang cerah saat ia sedang bermain, burung robin berwarna merah menunjukkan jalan untuk masuk kedalam taman rahasia itu. Dan akhirnya Mary berada didalam taman rahasia. Mary berbagi taman rahasianya bersama Dickon Sowerby, anak lelaki yang bisa ‘berbicara’ dengan binatang. Dickon bisa mengerti bahasa binatang karena terbiasa hidup di Padang Moor. Padang Moor adalah tanah liar yang tidak bisa ditumbuhi tanaman apapun selain semak heather, gorse, dan broom. Mary dan Dickon ingin membuat taman itu hidup kembali.

Mary dan Dickon mengunjungi taman rahasia setiap pagi. Mereka suka menghirup udara segar dari tumbuh-tumbuhan dan dari rumput yang baru dibalik. Dan saat musim semi tiba, taman yang mereka tata terlihat lebih hidup. Sebagian bunga tampak bermekaran di taman, dan bukan taman saja yang mengalami perubahan. Selain Mary dan Dickon, ada seseorang yang bahagia setelah bermain di taman rahasia.

Walaupun tidak bisa menanam bunga, tetapi aku suka taman :D. Dari cover, sipnosis, dan judulnya sudah membuatku tertarik membaca buku ini. Miss Burnett adalah seorang penulis kisah anak-anak yang terkenal. Buku-bukunya bertebaran sekitar tahun 18-an sampe awal 19-an. Dan di setiap kata dalam buku ini, mengajak kita untuk meninggalkan dunia nyata sementara waktu dan bermain-main di dunia khayalan.

Berkhayal tentang bagaimana rupa rumah Misselthwaite Manor yang terdapat ratusan kamar didalamnya, bagaimana bentuk Padang Moor, dan bagaimana bentuk taman rahasia yang tetap hidup walaupun tidak ada yang mengurusnya. Bagi yang suka taman dan berimaginasi tinggi, saya sarankan untuk segera menbaca buku ini ;)

No comments:

Post a Comment